Diversity-Based Programming dan Inspiring Broadcasting: Misi NHK Sebagai Penyiar Publik Melalui Program Asadora

Authors

  • Bawuk Respati Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/urban.v2i1.15

Keywords:

alih wahana, ideologi teks, animasi, film

Abstract

Tulisan ini mempertanyakan posisi NHK sebagai stasiun televisi publik di Jepang, yang memiliki mekanisme berbeda jika dibanding dengan stasiun televisi komersial pada umumnya. Dengan menganalisis tiga elemen, yakni sistem pendanaan, variasi program, dan standar penyiaran, tulisan ini mencoba untuk menjelaskan bagaimana proses produksi sebuah program, yakni asadora (drama pagi)—program yang terbilang populer di antara program NHK lainnya, merupakan usaha NHK untuk memenuhi misi dan tanggung jawabnya sebagai penyiar publik. Tulisan ini pada akhirnya menemukan bahwa produksi asadora memegang dua prinsip utama, yakni diversity-based programming dan inspiring broadcasting, yang merupakan dua prinsip kunci yang digunakan NHK untuk menjamin terjaganya kepercayaan penonton.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Bawuk Respati, Institut Kesenian Jakarta

    Fakultas Film dan Televisi

References

NHK. “Corporate Profile”. 2017-2018.

NHK. “Corporate Information”. NHK Online English, http://www.nhk.or.jp/ corporateinfo/

“Analysis of Government Support for Public Broadcasting”. Nordicity, 11 April 2016.

NHK Broadcasting Culture Research Institute. “Present Situation Regarding Television Viewing and Radio Listening ~ A Summary of the Results of Nationwide Survey on Individual Audience Ratings conducted by NHK in June 2017 ~”. September 2017.

Pemerintah Jepang. “The Broadcast Act (Act No. 132 of 1950), as amended last by the Act for Partial Revision of the Broadcast Act and Other Related Acts (Act No. 65 of 2010)”. Terjemahan tidak resmi.

“公共放送という仕事,NHKについて”. http://www.nhk.or.jp/info/about/ index.html

“公共放送という仕事”. NHKについて, http://www.nhk.or.jp/info/about/ index.html

“国内番組基準”. NHK Information. http:// www.nhk.or.jp/pr/keiei/kijun/index. htm#TOPIC1.

“情報通信編−ラジオ・テレビ放送:放送受信契約数の推移”. Information & Communications Statistics Database, http://www.soumu.go.jp/ johotsusintokei/field/housou01.html.

“日本放送協会平成 28 年度収支予算、 事業計画及び資金計画に関する資料”. NHK. 2017.

Harvey, Paul A. S. “Non-chan’s Dream”. The Worlds of Japanese Popular Culture: Gender, Shifting Boundaries and Global Cultures. D. P. Martinez, ed. Cambridge: Cambridge University Press. 1998.

Saito, Kensaku, Nihei Wataru, Sekiguchi Satoshi, dan Mitsuya Keiko. “How People Watched and Perceived Ama-chan, an NHK Morning Drama Serial: Examining the Viewers’ Passion and Behaviour through Four Surveys”. NHK Broacasting Culture Research Institute, Januari 2016.

Sangkyun, Kim dan Stijn Reijnders. Film Tourism in Asia: Evolution, Transformation, and Trajectory. Springer, 2017.

Takeshi Usami. “The Magic of NHK’s Asadora”. Chuo Online. 28 April 2014.

Downloads

Published

05-04-2018

How to Cite

Respati, B. (2018). Diversity-Based Programming dan Inspiring Broadcasting: Misi NHK Sebagai Penyiar Publik Melalui Program Asadora. Urban: Jurnal Seni Urban Dan Industri Budaya, 2(1), 23-34. https://doi.org/10.52969/urban.v2i1.15
Abstract Views: 7
File Views: 1